Teks Bacaan GLS Tahap Pengembangan

Kiki Nia Sania Effendi, 2019

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Teks bacaan ini telah melalui proses penelitian dan diterbitkan menjadi buku dengan judul "Teks dengan Tema Futsal". Teks bacaan untuk gerakan literasi sekolah tahap pengembangan terdiri dari lima teks dengan konteks permainan futsal, yaitu lapangan dan bola permainan futsal, teknik dasar permainan futsal, strategi permainan futsal, sanksi dalam permainan futsal, dan sistem pertandingan futsal. Peserta didik  membaca teks dan setelah itu menjawab pertanyaan pada teks yang disusun berdasarkan tujuan tahapan pengembangan gerakan literasi sekolah salahsatunya adalah peserta didik mampu mencari keterkaitan antara buku yang dibaca dengan diri sendiri dan lingkungan sekitarnya (Retnaningdyah dkk, 2016). Berikut ini contoh teks bacaan yang dikembangkan pada tahap pengembangan:



Referensi:
Retnaningdyah, P., laksono, K., Mujiyem, Setyorini, N. P., Sulastri & Hidayati, U. S. (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama, [Online]. tersedia: http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Panduan-Gerakan Literasi-Sekolah-di-SMP.pdf

No comments:

Post a Comment