Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Teks bacaan ini telah melalui proses penelitian dan diterbitkan menjadi buku dengan judul "Teks dengan Tema Futsal". Pada tahap pembiasaan terdiri dari teks mengenai sejarah futsal dunia,
sejarah futsal di Indonesia dan prestasi tim nasional futsal Indonesia. Peserta
didik membaca teks untuk tahapan pembiasaan dan meyelesaikan pertanyaan yang
berkaitan dengan teks dan sesuai dengan tujuan pada tahap pembiasaan
diantaranya adalah meningkatkan rasa cinta baca diluar jam pelajaran,
meningkatkan kemampuan memahami bacaan, meningkatkan rasa percaya diri sebagai
pembaca yang baik, menumbuhkembangkan penggunaan berbagai sumber bacaan
(Retnaningdyah dkk, 2016). Berikut ini contoh teks bacaan yang dikembangkan pada tahap pembiasaan:
- Teks bacaan dengan judul "Sejarah Permainan Futsal Dunia" dapat dilihat pada: https://drive.google.com/file/d/1PVT13vPd2hYf9XvjCXgWeG-7bp95iPD2/view
- Teks bacaan dengan judul " Prestasi Tim Nasional Futsal Indonesia" dapat dilihat pada: https://drive.google.com/file/d/1j664cScUvkIfk0AU2oRuw4-5fZKzzkT-/view
- Pertanyaan alternatif untuk GLS tahap pembiasaan dapat dilihat pada: https://drive.google.com/file/d/1YnQDI_T4mgdpwmwExdJ1RDX1AW2sNlyV/view
Referensi:
Retnaningdyah, P., laksono, K., Mujiyem,
Setyorini, N. P., Sulastri & Hidayati, U. S. (2016). Panduan Gerakan
Literasi di Sekolah Menengah Pertama, [Online]. tersedia: http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Panduan-Gerakan
Literasi-Sekolah-di-SMP.pdf
No comments:
Post a Comment