Teks Bacaan GLS Tahap Pembiasaan

Kiki Nia Sania Effendi, 2019

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Teks bacaan ini telah melalui proses penelitian dan diterbitkan menjadi buku dengan judul "Teks dengan Tema Futsal". Pada tahap pembiasaan terdiri dari teks mengenai sejarah futsal dunia, sejarah futsal di Indonesia dan prestasi tim nasional futsal Indonesia. Peserta didik membaca teks untuk tahapan pembiasaan dan meyelesaikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks dan sesuai dengan tujuan pada tahap pembiasaan diantaranya adalah meningkatkan rasa cinta baca diluar jam pelajaran, meningkatkan kemampuan memahami bacaan, meningkatkan rasa percaya diri sebagai pembaca yang baik, menumbuhkembangkan penggunaan berbagai sumber bacaan (Retnaningdyah dkk, 2016).  Berikut ini contoh teks bacaan yang dikembangkan pada tahap pembiasaan:


Referensi: 
Retnaningdyah, P., laksono, K., Mujiyem, Setyorini, N. P., Sulastri & Hidayati, U. S. (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama, [Online]. tersedia: http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Panduan-Gerakan Literasi-Sekolah-di-SMP.pdf

No comments:

Post a Comment