Teks Bacaan GLS Tahap Pembelajaran

Kiki Nia Sania Effendi, 2019

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Teks bacaan ini telah melalui proses penelitian dan diterbitkan menjadi buku dengan judul "Teks dengan Tema Futsal". Teks yang disajikan pada GLS tahap pembelajaran berupa cerita pendek dengan judul “Harumkan Nama Kampus dengan Modal Kebersamaan". Teks pada tahap ini disusun berdasarkan materi himpunan. Teks terbagi menjadi lima bagian dan pertanyaan disesuaikan dengan materi himpunan. Pertanyaan-pertanyaan pada teks tersebut disusun berdasarkan tujuan pada tahap pembelajaran. Adapun tujuannya  adalah mengembangkan kemampuan memahami teks dan mengkaitkannya dengan pengalaman pribadi sehingga terbentuk pembelajar sepanjang hayat, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan mengolah dan mengelola kemampuan komunikasi secara kreatif melalui menanggapi teks buku bacaan dan buku pelajaran (Retnaningdyah dkk, 2016). Berikut ini salah satu contoh teks bacaan yang dikembangkan pada tahap pembelajaran: 

  • Teks Bacaan dengan judul "Harumkan Nama Kampus dengan Modal Kebersamaan Bagian *dua*" dapat dilihat pada: 


Referensi:
Retnaningdyah, P., laksono, K., Mujiyem, Setyorini, N. P., Sulastri & Hidayati, U. S. (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama, [Online]. tersedia: http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Panduan-Gerakan Literasi-Sekolah-di-SMP.pdf

No comments:

Post a Comment