Kiki Nia Sania Effendi, 2019
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahap
pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Teks bacaan ini telah melalui
proses penelitian dan diterbitkan menjadi buku dengan judul "Teks dengan
Tema Futsal". Teks yang disajikan pada GLS tahap pembelajaran berupa cerita pendek dengan judul “Harumkan Nama Kampus
dengan Modal Kebersamaan". Teks pada tahap ini disusun berdasarkan materi
himpunan. Teks terbagi menjadi lima bagian dan pertanyaan disesuaikan dengan
materi himpunan. Pertanyaan-pertanyaan pada teks tersebut disusun
berdasarkan tujuan pada tahap pembelajaran. Adapun tujuannya adalah mengembangkan kemampuan memahami teks
dan mengkaitkannya dengan pengalaman pribadi sehingga terbentuk pembelajar sepanjang
hayat, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan mengolah dan mengelola
kemampuan komunikasi secara kreatif melalui menanggapi teks buku bacaan dan
buku pelajaran (Retnaningdyah dkk, 2016). Berikut ini salah satu contoh teks bacaan yang dikembangkan pada tahap pembelajaran:
- Teks Bacaan dengan judul "Harumkan Nama Kampus dengan Modal Kebersamaan Bagian *dua*" dapat dilihat pada:
Referensi:
Retnaningdyah, P., laksono, K., Mujiyem,
Setyorini, N. P., Sulastri & Hidayati, U. S. (2016). Panduan Gerakan
Literasi di Sekolah Menengah Pertama, [Online]. tersedia: http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Panduan-Gerakan
Literasi-Sekolah-di-SMP.pdf
No comments:
Post a Comment